Headlines News :
Home » » KY: Hakim Sarpin Direkomendasikan Diskorsing 6 Bulan

KY: Hakim Sarpin Direkomendasikan Diskorsing 6 Bulan

Written By Harian Berantas on Wednesday, July 1, 2015 | 3:13:00 AM

Jakarta,(Harianberantas.co.id) ------ Rapat Pleno KY telah menyepakati menjatuhkan rekomendasi hukuman untuk Hakim Sarpin Rizaldi karena telah menyalahi peraturan saat memimpin sidang praperadilan. KY merekomendasikan Hakim Sarpin disanksi 6 bulan tak boleh bersidang (non palu). 


"Pleno KY lengkap (7 orang) menyepakati merekomendasikan sanksi skorsing. (nonpalu) selama 6 bulan. Ada beberapa prinsip yang dilanggar Hakim Sarpin," kata komisioner KY, Imam Anshori Saleh saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (30/6/2015).

Imam menyebut, Sarpin saat memimpin sidang praperadilan tak cermat dan melakukan kesalahan. Sarpin juga salah mengutip keterangan saksi ahli yang dijadikan dasar pengambilan putusan.

"Tidak teliti dalam mengutip keterangan ahli yang dijadikan pertimbangan untuk memutus, sehingga yang disampaikan ahli bertentangan dengan yang dimuat hakim dalam putusannya, tidak teliti menuliskan identitas ahli, dengan menyebut Prof Sidharta sebagai ahli hukum pidana, padahal yang bersangkutan adalah ahli filsafat hukum, menerima fasilitas pembelaan dari kuasa hukum secara gratis," jelas Imam.

"Dan tidak rendah hati, yakni tidak memenuhi panggilan KY malah menantang 'Kalau berani KY datang ke PN Jakarta Selatan" tegasnya.

Imam menjelaskan, sidang untuk memutuskan nasib Sarpin berlangsung alot. Masing-masing komisioner KY beradu argumen tentang kadar kesalahan yang dilakukan Hakim Sarpin.

"Sidang berlangsung alot, karena masing-masing komisioner menyampaikan argumentasinya. Adapun soal tekhnis yudisial yang menyangkut penetapan tersangka menjadi obyek praperadilan diserahkan sepenuhnya kepada MA," ungkap Imam. Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan dari Hakim Sarpin. (faj/dra)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas