Headlines News :
Home » , , » Amponiman Bate’e Cs Akan Diperiksa Polisi,Terkait Kasus Penggelapan dana APBD-P dan Pemalsuan Dokumen GWI

Amponiman Bate’e Cs Akan Diperiksa Polisi,Terkait Kasus Penggelapan dana APBD-P dan Pemalsuan Dokumen GWI

Written By Harian Berantas on Tuesday, June 16, 2015 | 3:33:00 PM

Pekanbaru, Berantas- Menjelang 2 (dua) hari usai melaporkan dugaan penggelapan uang APBD-P 2013 dan Pemalsuan Dokumen atau berkas Organisasi Wartawan dengan dikeluarkannya Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) Nomor: STPL/685/VI/2015/SPKT/ POLRESTA, Rabu (10/06/2015) atas Laporan Ketua DPD Gabungan Wartawan Indonesia (GWI) Provinsi Riau, Bowoziduhu SB. 



Hari kedua, Polresta Pekanbaru langsung mengeluarkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penelitian (SP2HP) Laporan nomor: B/653/VI/2015/Reskrim. Sesuai dengan Rujukan, (a) Undang-Undang RI No.02 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI. (b) Perkap Nomor: 14 Tahun 2012 tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana. (c) Laporan Polisi Nomor: LP/K/685/VI/2015/RIAU/SPKT/ POLRESTA, tanggal 10 Juni 2015 yang dilaporkan ketua DPD Gabungan Wartawan Indonesia (GWI) Riau, Bowoziduhu atas tindak pidana penggelapan dan pemalsuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 372 atau 263 KUHP.
  
                                      
Polresta Pekanbaru segera melakukan penyelidikan dan penyidikan dalam waktu 30 (tiga puluh) hari ke depan. Polresta Pekanbaru mempercayakan kepada AIPTU. Hendrimen selaku penyidik pembantu untuk menindaklanjuti kasus tersebut.

Hal itu dibenarkan Kapolresta Pekanbaru, Kombes. Pol. Drs. Aries Syarif Hidayat, MM melalui Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Hariwiyawan Harun, S.Ik. M.Ik dalam SP2HP-nya yang juta telah ditembuskan kepada Kabag Bin Ops Polda Riau dan Pengawas Penyidikan Polresta Pekanbaru.

Sementara pelapor, dalam hal ini Ketua GWI Riau, Bowoziduhu Bawamenewi didampingi para Wakil Ketua GWI, Toro ZL, Bidang Humas Beatulo Lawolo Pembina dan Penasehat media Berantas, FZ Zega mendatangi Polresta Pekanbaru, Selasa (16/06/2015) atas panggilan penyidik untuk menyerahkan seluruh barang bukti (BB) atas dugaan penggalapan dan pemalsuan yang dilakukan terlapor, Amponiman Bate’e, Tamrin Ismail Cs.

Dalam keterangan persnya, Ketua GWI Riau, Bowo yang juga Pemimpin Umum media cetak (koran) SKU BERANTAS ini mengatakan, bahwa pihaknya melaporkan terlapor adalah untuk meminta pertanggung-jawaban atas tindak pidana penggelapan uang APBD-P Pemko Pekanbaru tahun 2013 dan pemalsuan dokumen GWI Riau sebagaimana dimaksud dalam Pasal 372 atau 263 KUHP.

Selain meminta pertanggung-jawaban dari pihak terlapor maupun dari pihak yang dianggap bertanggung jawab atas peristiwa ini, juga untuk mempertahankan dan menjaga nama organisasi GWI baik tingkat daerah hingga secara Nasional untuk tetap dipandang baik dan bersih dari segala perbuatannya. Oleh karena itu Ketua GWI Riau, juga menuntut terlapor memulihkan citra GWI serta mengganti rugi sesuai dengan pelanggarannya.

Pertama sekali saya ucapkan terimakasih banyak kepada Polresta Pekanbaru yang telah menindaklanjuti kasus ini. Sebelumnyan, saya selaku Ketua dan jajaran saya juga telah berkoordinasi hingga memberikan informasi secara tertulis ke Polresta Pekanbaru sejak April dan Juni 2014 lalu. Tetapi mengingat kesibukan pihak penyidik serta kurangnya jumlah personil penyidik Polresta ketika itu sehingga kasus ini baru digelar kembali,” kata Bowo.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes. Pol. Drs. Aries Syarif Hidayat, MM melalui Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol. Hariwiyawan Harun, S.Ik. M.Ik saat dikonfirmasi Berantas, Selasa (16/06/2015) di ruangan kerjanya yang juga didampingi Wakasat Reskrim, Kanit Tipikor dan satu orang anggota lainnya, menanggapi kasus ini secara serius.

“Kasus ini sangat menarik perhatian, ini cukup serius. Kenapa lambat sekali laporannya..? ya sudah, kasus ini kita harus fokuskan seupaya cepat klear. Penyidik memanggil pihak Walikota dan pihak Kesbangpol Riau lebih dulu untuk kita mintai keterangan. Setelah itu baru kami panggil Amponiman Bate’e dan Tamrin Ismail Cs serta pihak lain yang dianggap ada hubungannya dengan kasus yang dilaporkan ini,” tegas Kasat. (01/Tr/Al Daw)

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas