Headlines News :
Home » » Plagiat Yang Diduga Dilakukan Kadisdik Pekanbaru, Misteri

Plagiat Yang Diduga Dilakukan Kadisdik Pekanbaru, Misteri

Written By Harian Berantas on Wednesday, May 13, 2015 | 2:46:00 PM

Pekanbaru,(Harianberantas.co.id) ------ Seputar gelar profesor (Prof) yang di sandang Kepala Dinas Kota Pekanbaru bernisial Z (Zulfadil-red), misteri. Pasalnya, dalam melakukan riset ilmiah dalam perolehan gelar seorang guru besar (Frofesor), diduga kuat oknum Kadisdik Pekanbaru (Zulfadil) melakukan plagiat pada riset ilmiah. 


Diberitakan media massa sebelumnya, jabatan guru besar sebagai gelar Profesor (Prof) yang disandang Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru, terkesan rekayasa atau manipulasi.

Demikian dibenarkan sumber media ini di kampus UNRI saat diwawancara bebarapa waktu lalu. “Bila seseorang yang di promosikan itu, harus memiliki riset Ilmiah yang dilaporkan ke pihak Kemendikbud. Dan juga kepada seseorang yang sudah menyandang gelar sebagai Profesor, benar-benar harus memiliki riset ilmiah yang harus dilaporkan setiap tahunnya kepada pihak akademis dan Kemendikbud. Tentunya, dengan riset yang berbeda-beda dalam tiap tahunnya, apabila sama riset ilmiahnya orang yang dimaksud setiap tahunnya menyandang jabatan Profesor melakukan plagiat, ujar sumber.

Ditambahkan sumber media ini, sesuai amanat aturan dan atau peraturan yang berlaku, seseorang tidak mudah memperoleh gelar guru besar (Profesor). Hal itu juga diatur oleh Permendiknas No. 17 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat, Pasal 1 ayat 6,7 tentang karya/karya ilmiah yang merupakan hasil karya yang di terbitkan. Dan didalam Perka LIPI No. 07/E/2009 dinyatakan, "Seorang Profesor memiliki Riset Ilmiah yang di Journalkan di Journal Internasional. 

Bahkan lanjut sumber, dalam Kep. Menteri Koor. Bid. Pengawasan & Pendayagunaan Aparatur Negara No: 38/Kep/MK.Waspan/8/1999 tentang Jabatan Fungsional Dosen & Angka Kreditnya Pasal 25 ayat (4). Hal seperti itulah yang dilanggar oleh Kadisdik Pekanbaru, Zulfadil itu, ujar sumber.

Menyikapi persoalan ini, Zulfadil melalui layanan via SmS saat dikonfirmasi media ini mengatakan, "Pak Is Yth, saat ini saya memegang jabatan struktural di Pemko. saya tidak melaksanakan tugas fugsional yaitu tri dharma perguruan. tks tinggi," ujarnya. *Ismail Sarlata*

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | PT.Berantas Pers Group | Berantas
Copyright © 2015. Harianberantas - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Berantas
Proudly powered by Berantas